Pages

Thursday, October 1, 2015

"Kok Lempernya Banyak, Ma? Kayak Mau Ada Tamu Aja."

Kejadian ini aku alami sewaktu bulan Ramadhan kelas 3 SMA. Waktu itu Mama belum berjualan kue jajanan pasar, jadi sekalinya buat kami langsung senang banget. Kesukaan kami sekeluarga ada lemper abon.

Suatu sore waktu berbuka puasa, kami sama-sama membantu Mama untuk menyiapkan makanan untuk buka. Adek-adekku semangat banget melihat ada lemper 1 nampan. Bisa makan lemper sepuasnya mungkin, pikir mereka.

Pas buka puasa, sambil makan lemper, aku iseng nanya ke Mama kayak gini "kok lempernya banyak, Ma? Kayak mau ada tamu aja." Mama cuma diam, dan obrolan pun berlanjut ke hal-hal lain.

Di Batam itu sholat tarawihnya selesai jam 21.00. Nah setelah pulang sholat tarawih, aku langsung pergi les bahasa inggris. Ya, selama SMP dan SMA itu aku termasuk anak yang obsesi banget dengan sekolah, bahkan bulan Ramadhan dan udah malam pun aku masih les -_-

Baru setengah jam les dimulai, aku dapat telpon dari adekku. Waktu aku angkat, ga ada yang ngomong hanya kedengaran banyak orang yang nangis. Entah kenapa aku langsung dapat firasat kalo Nyai (Mbah Putri dari Mama) meninggal. Padahal sebelumnya ga ada keingat sama Nyai sedikit pun. Aku pun langsung lari dan balik ke rumah, ternyata benar. Nyai udah meninggal.

Dadakanlah malam itu ngadain yasinan di rumah. Mama bingung tamunya mau disuguhin apa. Terus aku refleks jawab "suguhin lemper tadi aja, kan ada banyak." Mama pun langsung menyuguhkan lemper itu ke bapak-bapak yang datang yasinan malam itu.

Setelah yasinan selesai, Mama langsung ngomong ke aku, "Dyah benar. Memang kita kedatangan banyak tamu malam ini."

**

Ya, aku punya 4 kakek-nenek. Mbah Laki dan Mbah Putri dari Bapak, Nyai dan Yayi dari Mama. Sekarang, keempatnya sudah meninggal. Aku mendapatkan firasat sebelum meninggalnya 3 dari 4 orang tersebut :'(

[Cerita Dyah]

1 comment: